Beberapa-Tempat-Wisata-Kuliner-Khas-Bali

Beberapa Tempat Wisata Kuliner Khas Bali

fkossmpkotabali – Wisata kuliner khas Bali sering menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau tersebut. Selain untuk melihat objek wisata kenamaan di sana, wisatawan lokal, wisatawan daerah maupun wisatawan mancanegara berbondong-bondong ke Bali untuk menikmati kuliner di sana. Beraneka ragam makanan dan cita rasa yang khas tentu sangat menggugah selera.

Saat berwisata di Bali tentulah sebagian orang mencari Kuliner Halal di Bali. Mungkin kamu pernah berpikir bahwa hampir makanan di Bali tidak halal karena sedikitnya orang yang beragama muslim di sana. Semua itu tidaklah benar, karena banyak sekali kuliner halal di sana.

Ada beberapa daftar tempat makan di Bali yang rekomended buat kamu jika ingin sedang berwisata di Bali yaitu :

1. Restoran Goerih Bali

Kuliner-Bali-Goerih-The-Keranjang
Jika Kamu sedang mencari tempat kuliner enak di Bali, Restoran Goerih ini wajib untuk Kamu kunjungi. Berlokasi di kawasan wisata The Keranjang Bali, Goerih menyajikan beragam menu tradisional khas Nusantara. Mulai dari makanan berat sampai makanan ringan/jajanan pasar.

Disini Kamu bisa menemukan Sosis Ayam Betutu 1 meter yang lagi hits di Bali. Dan merupakan menu hidangan primadona Goerih dimana sosis homemade dengan rasa ayam betutu khas Bali ini dihidangkan sepanjang 1 meter.

Tidak ketinggalan ada juga aneka Nasi Metunu. Nasi rempah bali yang dimasak didalam oven kayu bakar dengan topping yang dapat dipilih sesuai keinginan. Seperti ayam betutu, ayam krispy dan sambel penyet, bebek betutu, tumis balado cumi dan pete hingga balado ikan teri.

Rekomendasi menu lainnya yang patut dicoba diantaranya ada Tahu Krispy, Lumpia Sayur, Nasi Goreng, Ayam/bebek Betutu, Nasi Kuning, Rujak Serut, Tape Bakar Keju, Rujak Buah Kampung Langit dan lain sebagainya.

Bagi Kamu yang lebih senang menikmati kuliner malam di Bali bisa juga berkunjung ke Teras Goerih yang ada di Jl. Raya Kuta No.70-72 (Parkiran The Keranjang Bali Jl. Kuta).

Teras Goerih dikenal sebagai tempat para pecinta kuliner mencari pengalaman baru dalam menikmati kuliner Bali. Karena disini Kamu akan diiringi berbagai pertunjukan tari bali dan musik secara outdoor.

2. Warung Men wati.

Warung Men wati
Warung ini merupakan tempat makan enak di Bali yang terletak tidak terlalu jauh dari pantai Sindu, Sanur. Dengan menu andalannya nasi campur, warung ini mulai beroperasi dari pukul delapan WITA. Tidak perlu khawatir dengan rasa masakannya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengunjung yang selalu datang ke warung ini.

Menu andalan nasi campur ini disajikan dengan berbagai pilihan ikan seperti sayur urap bali, ayam betutu, pindang sambal tomat, sambal mantah, telur pindang, dan kripik kulit ayam. Warung meng Wati mempunyai rasa yang ciri khas di jamin makanan ini dapat menggoyang lidah kamu.

3. Warung Wardani.

Warung Wardani
Memang warung ini terletak agak sedikit jauh dari keramaian kota Denpasar. Akan tetapi, warung ini tidak kalah banyak peminatnya.
Warung Wardani menyajikan kuliner khas bali dengan menu yang tentu sangat menggiurkan yaitu nasi campur ayam dan nasi campur daging.

Memang terdengar biasa tetapi rasa yang khas dan aroma rempah-rempah khas Bali di setiap masakannya membuat warung ini menjadi primadona bagi wisatawan.
Nasi campur sebagai menu utama ini dibandrol dengan harga sekitar 30.000 hingga 40.000. Akan tetapi, harga ini membuat Warung Wardani di katagorikan sebagai Wisata kuliner bali murah jika di banding dengan kualitas dan rasa masakannya.

Warung Wardani beralamat di Jl. Yudistira nomor 2 Denpasar. Bahkan sekarang buka cabang di Bandara Ngurah Rai International Air Port. Buka dari pukul delapan pagi hingga pukul empat sore.

4. Warung Pojok
Warung ini memang cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal Bali. Ini karena harga yang ditawarkan relatif murah yaitu hanya sepuluh ribu rupiah hingga dua puluh lima ribu rupiah per porsi.

Dengan nasi campur yang berisikan daging sapi sisit, paru, ayam sisit, kulit ayam, telor rebus, sate lilit, sayuran dan sambal menjadi andalannya. Warung Pojok beralamat di Jl. Semangka nomor 168 Denpasar.

Baca Juga : Adat Bali Yang Berpolitik Eksklusif

5. Sop Ikan Warung Mak Ben.
Sop ikan ini merupakan kuliner khas Bali. Setiap orang yang berkunjung ke Bali pasti ingin mencicipi maksakan favorit banyak orang ini.

Warung ini hanya memiliki satu menu saja yaitu paket sederhana. Paket ini terdiri dari nasi putih, sambal yang sangat pedas, ikan gorang dan sop ikan dengan bumbu-bumbu tradisional khas yang membuat pengunjung selalu ketagihan.

Warung ini dapat kamu jumpai di Jl. Hang Tuah nomor 45 Sanur. Buka dari pukul delapan pagi hingga pukul sepuluh malam. Cocok sebagai wisata kuliner malam Bali.

6. Ayam Bakar Taliwang.
Ayam Bakar Taliwang ini cukup unik karena menyajikan ayam bakar dari ayam kampung asli. Menu andalannya ayam plecing dan ayam sasak yang enak dan mantap rasanya.

Seperti namanya bahan dasar makanan ini adalah ayam dengan berbagai macam rempah-rempah dan tentu saja rasa pedas yang menjadi ciri khas. Yang membuat unik makanan ini adalah semua bumbu di masukan ke dalam perut ayamnya sehingga rasa rempah rempah tersebuh menyebar ke seluruh daging.

Ayam Bakar ini dipanggang dua puluh empat jam di bara api untuk menghasilkan rasa dan aroma yang tajam serta khas. Menu ini dapat dijumapi di Jl. Tenungku Umar nomor 10 Denpasar.

Kalian sudah pernah mencicipi yang mana ?

Beberapa Pilihan Kuliner Halal di Bali

Beberapa Pilihan Kuliner Halal di Bali

Fkossmpkotabali.web.id – Bali memang terkenal dengan aneka kuliner babi, hal ini yang terkadang membuat khawatir traveler muslim dalam memilih makanan ketika berlibur ke Pulau Dewata. Namun, bukan berarti Pulau Bali tak memiliki makanan khas yang tidak mengandung babi. Tentu Bali memilikinya, berikut rekomendasi makanan halal di bali yang patut dicoba:

1. Nasi tekor
Kuliner khas Bali ini mungkin jarang didengar wisatawan. Tekor merupakan bahasa Bali yang berarti pincuk. Nasi tekor mirip dengan nasi campur, pincuk daun pisang diisi nasi dan berbagai lauk pauk.

Anda dapat menikmati nasi tekor di Warung Tekor yang terletak di Jalan By Pass Ngurah Rai Tohpati No.28, Denpasar. Buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 17:00, menariknya penjualnya merupakan pasangan kakek nenek serta nuansa warung yang akan membuat Anda bernostalgia ke masa kecil.

2. Nasi ayam
Nasi ayam merupakan kuliner khas Bali yang populer. Resto populer Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku berada di Jalan Raya Kadewatan No.18, Ubud. Resto ini bernuansa rumah khas Bali, buka setiap hari mulai pukul 08:30 – 19:00.

3. Seafood
Di kawasan Jimbaran, banyak sekali menu seafood. Mulai dari ikan, udang, kerang hingga kepiting. Bumbu atau sambal untuk menemani hidangan seafood ada berbagai macam dan Anda dapat memilih sesuai selera. Cafe maupun resto di Jimbaran buka setiap hari mulai pukul 11:00 – 23:00.

4. Ayam Betutu
Ayam betutu merupakan salah satu ikon kuliner khas Bali. Bumbu betutu khas Bali dipadukan cita rasa menjadi daya tarik kuliner ini. Ayam betutu yang populer ini dapat Anda jumpai di Ayam Betutu Men Tempeh yang berada di Gilimanuk, Melaya, Jembrana. Buka setiap hari mulai pukul 07:00 – 21:00. Ayam betutu di sini sudah terkenal kelezatannya, oleh karena itu sangat disayangkan kalau terlewat begitu saja.

Baca Juga : Pembahasan Mengenai Teba Mega Cafe Jimbaran

5. Nasi Jinggo
Umumnya, nasi jinggo berisi nasi sekepalan tangan dengan lauk ayam suwir, tempe goreng, mie goreng dan sambal yang dibungkus daun pisang. Di resto Nasi Jinggo Tutu yang berada di Jalan Raya Kuta No.108X, Kuta ini sedikit berbeda yakni Anda dapat memilih nasi putih atau nasi kuning, dengan begitu, wisatawan bisa memilih kuliner sesuai selerasanya. Resto ini buka setiap hari mulai pukul 07:00 – 18:00.

6. Ayam Bakar Taliwang
Meski ayam bakar taliwang POKER ONLINE bukan berasal dari Bali, melainkan dari Lombok Anda dapat menjumpai kuliner ini khususnya di Denpasar. Ayam Bakar Taliwang Baru di Jalan Teuku Umar No. 10, Denpasa merupakan salah satu resto yang memiliki ayam bakar taliwang yang digemari wisatawan. Resto ini buka setiap hari mulai pukul 09:00 – 23:00. Jangan sampai terlewat dengan kuliner enak dari Lombok ini, ya…

7. Nasi Pedas
Salah satu kuliner legendaris Bali ialah Nasi Pedas. Seperti namanya, sambalnya sangat pedas. Meski sederhana (berisi nasi, plecing kangkung, sambal, telur, dan lain-lain) , kuliner ini sangat populer di kalangan wisatawan. Nasi Pedas Bu Andika sangat populer dan buka setiap hari selama 24 jam. Resti ini ada di area Kuta, dekat dengan toko Joger.

Di Bali masih banyak resto yang menyediakan menu makanan dan minuman halal. Apabila Anda tak yakin dengan menu di sebuah resto, Anda tak perlu sungkan untuk bertanya kepada waiters maupun chef. Apakah menu yang disediakan halal atau tidak.

Makanan Khas Bali yang Populer Selain Ayam Betutu

Makanan Khas Bali yang Populer Selain Ayam Betutu

Fkossmpkotabali.web.id – Bali merupakan daerah yang menyediakan paket komplit. Ya, komplit karena segala elemen yang disajikan oleh Pulau Bali bisa bikin kamu jatuh hati. Sebut saja pemandangan alam, tradisi, bahkan sampai tempat clubbing-nya juga disukai oleh wisatawan.

Tapi, ternyata bukan itu saja lho. Ada satu elemen yang membuat wisatawan jadi tambah kangen berat sama Bali. Yakni kulinernya.

Berikut ini adalah daftar makanan khas Bali yang digilai dan populer selain ayam betutu dan satai lilit.

1. Tipat Blayag

Tipat Blayag terdiri dari tipat (Bahasa Bali untuk ketupat), telur, ayam suwir, lawar, dan sambal yang kemudian disiram dengan kuah bersantan yang rasanya gurih dan sedikit manis. Tipat Blayag ini adalah makanan khas Bali yang berasal dari daerah Buleleng, kota Singaraja, Bali Utara.

2. Lawar

Nama makanan khas Bali satu ini, mengingatkan kita dengan kelelawar ya? Tapi tenang saja, makanan ini bukan dibuat dari kelelawar. Lawar ini adalah makanan yang terbuat dari kacang panjang, nangka, sejumlah bumbu-bumbu dan parutan kelapa.

Nah lawar ini biasanya ada bermacam-macam, ada lawar ayam, lawar kuwir (Bebek), dan ada lawar babi. Lawar ini tidak dapat bertahan lama. Jika didiamkan di udara terbuka, hanya bisa bertahan setengah hari saja.

3. Srombotan

Sekilas dilihat makanan ini bentuknya mirip gado-gado atau urap. Nama makanan ini adalah srombotan (Atau sering juga ditulis Serombotan). Ini adalah makanan khas dari daerah Klungkung.

Biasanya srombotan ini dibuat dari sayuran yang direbus setengah matang seperti kacang panjang, kecambah, kangkung, bayam, terong bulat, kelapa parut yang disangrai (Serundeng), dan pare, yang kemudian disiram dengan sambal encer pedas.

Baca Juga : Beberapa Makanan Khas Perayaan Galungan dan Kuningan Bali

4. Be Guling

Be guling atau babi guling adalah makanan yang sangat populer di Bali. Warung makan yang menjual makanan ini sangat mudah ditemui. Babi guling pada mulanya hanya digunakan untuk sajian upacara, baik upacara adat maupun upacara keagamaan.

Namun saat ini babi guling sudah banyak dijual di warung makan, bahkan hotel-hotel tertentu di daerah Bali dan lainnya. Dari namanya kamu pasti sudah tahu dong ya kalau makanan satu ini termasuk kategori non halal food.

5. Nasi Sela

Nasi Sela ini merupakan makanan khas Karangasem. Makanan ini populer di Bali sejak tahun 1970, karena pada masa itu beras sangat langka. Masyarakat setempat mencampurkan cacahan sela (Ketela) dan ubi jalar untuk menambal kekurangan nasi pada saat itu.

Saat ini nasi sela sudah sangat bervariasi penyajiannya. Para penjual nasi sela biasanya menambahkan sayur bejek, udang kecil, kacang tanah, satai lilit, sambal bongkot, pesan celengis, dan sambal matah saat menyajikan nasi sela ini.

6. Lak-lak

Nah, ini kue serabinya Bali. Biasanya dimasak menggunakan kendi tradisional di atas api besar. Ukurannya jauh lebih kecil daripada serabi pada umumnya. Termasuk cara penyajiannya juga.

Umumnya, kue serabi disajikan bersama kuah gula merah dicampur santan. Kalau Lak-lak, disajikan bersama parutan kelapa yang disiram dengan sirup gula merah. Makanan ini banyak dijual di daerah Kerobokan, Denpasar, dan lainnya.

Pasti kamu belum pernah mencoba keenam makanan di atas, kan? Makanya, kalau ke Bali, cobalah beli makanan tradisional tersebut. Dijamin bikin kangen berat sama Pulau Bali.

Tempat Makan di Bali yang Masih Jarang Diketahui

Tempat Makan di Bali yang Masih Jarang Diketahui

Fkossmpkotabali.web.id – Bali menjadi salah satu daya tarik Indonesia di mata para traveler, baik dari dalam dan luar negeri. Bahkan, orang luar negeri lebih mengenal Bali dibanding Indonesia. Gak heran, keindahan Bali bisa disejajarkan dengan Maldives. Apalagi harganya jauh lebih murah di Bali.

Gak cuma wisatanya aja yang menarik, kekayaan kuliner Bali juga diakui dunia. Beberapa yang paling populer antara lain Bebek Tepi Sawah, Iga Nuri’s, Babi Guling Bu Oke, dan Bebek Bengil. Masih banyak yang lain lho, sayangnya jarang orang tahu.

Berikut telah kami rangkum beberapa kuliner khas bali yang masih jarang diketahui,

1. Warung Subak

Lokasinya di jalan Astasura No. 05 Peguyangan, Denpasar. Warung Subak menawarkan seafood yang enak banget dibanding yang lainnya. Jadi surganya para pecinta seafood nih. Harganya sekitar Rp 35-70 ribu.

2. Bebek goreng Laka Leke Hideaway Restaurant

Lokasiya di Jalan Nyuh Kuning, Ubud, tak jauh dari Monkey Forest Ubud. Kamu bisa menikmati hidangan berbagai jenis olahan bebek yang empuk dan sedap, dengan suasana tenang. Paduan yang sangat menyenangkan.
Usai makan bebek, kamu bisa menikmati dessert berupa cake choco es krim. Harganya sekitar Rp 100 ribu untuk satu paket tersebut.

3. Babi guling slingsing cepaka

Kamu yang ingin kulineran tengah malam, tempat ini menjadi jawaban yang tepat. Babi Guling Slingsing Cepaka buka mulai pukul 02.00 dini hari hingga 09.00 pagi. Rasa penasaranmu akan terbayarkan sejak gigitan pertama.

Gurih, crunchy, dan mantap. Kamu bakal kehilangan kata-kata untuk menggambarkan kelezatan babi guling di sini. Harganya murah lho, hanya Rp 18-25 ribu saja. Lokasinya di Desa Cepaka No. 33, Tabanan.

4. Warung Mami

Kamu bisa menamukan tempat makan kerang bakar yang endes ini di Jalan Uwuta II Nomor 30X, Jimbaran, Kuta. Makan bareng sahabat atau keluarga paling pas nih. Kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 150 ribu untuk empat orang. Cobain deh!

Baca Juga : Warung Subak Dari Bali

5. Sate plecing Jalan Arjuna

Letaknya ada di persimpangan Jalan Arjuna, gak jauh dari Warung Wardani. Kamu bisa memesan sate babi dan sop yang jadi salah satu menu favorit di sini. Jangan lupa tambahkan sambal yang jadi satu ciri khasnya. Murah kok, hanya sekitar Rp 125 ribu untuk empat orang.

6. Beecup

Kamu bisa menemukan tempat ini di Jalan By Pass Ngurah Rai no. 968, Sanur. Banyak dessert enak di sini. Bentuknya juga unik dan lucu. Satu cupcake-nya hanya Rp 15 ribuan lho. Lebih murah lagi kalau kamu beli selusin, yakni hanya Rp 155 ribu. Hhmm…ngiler deh.

7. Warung Satria

Nasi campur dan ayam spesial menjadi salah satu menu terbaik di Warung Satria. Lokasinya di Jalan Kedondong, Banjar Dinas Suluban, Uluwatu. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 35-50 ribu. Dijamin kenyang!

8. Bale udang Mang Engking

Tempat ini jadi surganya para pecinta seafood, khususnya udang. Beuuh, kamu bakal terpuaskan dengan beragam olahan udang di sinni. Apalagi tempatnya nyaman, asri, dan menenteramkan. Harganya sekitar Rp 25-100 ribu. Wajib coba nih!

9. Warung Galeri Mbok Limbok

Ada berbagai jenis olahan ayam, bebek, ikan, dan sambal yang lezatnya bikin lupa daratan. Kamu bisa menambah nasi sesuka hati. Cocok banget nih buat para backpacker. Harganya sekitar Rp 30 ribu.

10. Warung Indonesia

Lokasinya di Jalan Poppies Lane II, Kuta. Beragam menu khas Indonesia ada di sini. Mulai dari sop buntut, soto, bebek, ikan, dan ayam. Kamu bisa menikmatinya dengan kisaran harga Rp 15-50 ribu. Dijamin nagih, deh.

Siapkan perut kosong ya. Kamu bakal gak puas dengan hanya satu porsi, rasanya pengin lagi dan lagi.