Pulau Menjangan Bali Barat – Daya Tarik, & Aktivitas Liburan

Pulau Menjangan Bali Barat Daya Tarik Aktivitas Liburan

Pulau Menjangan Bali Barat – Daya Tarik, & Aktivitas Liburan, Bagi sebagian besar wisatawan, saat liburan ke Bali akan memilih untuk liburan ke obyek wisata terkenal di Bali seperti pantai Kuta, makan seafood bakar di Jimbaran atau belanja oleh–oleh khas Bali di pasar seni Sukawati Gianyar. Yang menjadi pertanyaan, apakah Bali hanya terkenal dengan daerah itu saja? Pulau Bali memiliki banyak tempat wisata yang tidak kalah menarik untuk anda kunjungi. Salah satunya adalah objek wisata pulau Menjangan Bali barat

Daya Tarik Untuk Tempat Liburan
Pulau Menjangan adalah sebuah pulau kecil, terletak di sebelah barat Pulau Bali, Sesuai dengan namanya, pulau ini di huni oleh menjangan (jenis rusa liar). Pulau ini merupakan bagian dari wilayah Taman Nasional Bali Barat. Daya tarik utama pulau ini terdapat pada keindahan pemandangan alam bawah laut, selain itu pulau ini tidak berpenghuni. Karena keindahan pemandangan bawah laut, maka pulau ini menjadi salah satu lokasi terbaik untuk tempat diving di pulau Bali.

Lihat juga : Pantai Nusa Dua, Gratis Tiket Masuk

Pada saat wisatawan pertama kali tiba di pulau ini, anda akan melihat kawasan pantai pasir putih. Selain itu, air laut berwarna biru dengan gradasi warna hijau. Hal yang menbuat adanya gradasi warna pada air laut, karena dasar laut terdapat banyak plankton yang tumbuh subur. Selain plankton, di dasar laut terdapat trumbu karang masih alami dihuni oleh ikan warna-warni.

Lokasi Pulau Menjangan
Lokasi dari pulau Menjangan berada di sebelah timur laut Taman Nasional Bali Barat. Jarak pulau ini lumayan jauh dari jantungnya pariwisata Bali, yaitu tempat wisata Kuta Bali. Untuk menuju pulau, anda akan menempuh waktu sekitar 3 jam agar mencapai point penyeberangan ke pulau ini. Walaupun lokasi pulau letaknya jauh dari Kuta, pulau ini selalu ramai di kunjungi penyelam.

Pilihan Transportasi Menuju Pulau
Pulau ini sangat kecil dan terpisah dari daratan pulau Bali. Oleh karena itu anda harus menggunakan perahu untuk menyeberang. Sebagian besar wisatawan yang ingin liburan ke pulau Menjangan, akan menuju ke wilayah Labuan Lalang & Pemuteran, baru kemudian menyebrang menggunakan perahu menuju pulau.

Apabila anda tidak ada rencana untuk menginap, hanya ingin liburan ke pulau Menjangan kemudian kembali lagi ke Bali selatan. Maka pilihan transportasi terbaik menuju kawasan Labuan Lalang atau Pemuteran, adalah menggunakan jasa sewa mobil di Bali dengan driver dan termasuk BBM. Walaupun menggunakan transportasi umum memungkinkan, hanya sangat rumit.

Harga sewa mobil + sopir + BBM di Bali dari tempat wisata Bali selatan menuju Labuan Lalang atau Pemuteran bervariasi, harga mulai dari Rp 800.000 – Rp 1.000.000 (dalam satu hari). Mobil yang digunakan jenis Toyota Avanza, dengan rute Bali selatan, menuju Labuan Lalang atau Pemuteran kemudian balik ke Bali selatan.

Apabila anda ingin menginap di Pemuteran atau Labuan Lalang, maka pilihan transportasi terbaik adalah meminta pihak hotel tempat anda menginap, untuk menjemput anda di airport Ngurah Rai. Di wilayah Labuan Lalang dan Pemuteran Bali terdapat banyak penginapan. Untuk melihat daftar pilihan tempat menginap di Labuan Lalang dan Pemuteran Bali, mohon klik link di bawah ini!

Harga Sewa Perahu Bermotor
Labuan Lalang adalah tempat pertama penyeberangan menuju ke pulau ini. Dari sini keindahan pulau sudah terlihat dengan 30 menit perjalanan menyeberang pulau, menggunakan perahu bermotor atau kapal boat. Harga sewa perahu bermotor untuk sekali menyeberang sekitar Rp 300.000 – Rp 400.000. Tergantung tawar menawar dengan sopir boatnya

Aktivitas Liburan
Aktivitas liburan yang di sukai wisatawan saat liburan ke pulau Menjangan adalah aktivitas snorkeling atau scuba diving. Lokasi snorkeling di pulau ini tidak hanya ada disatu tempat saja. Ada beberapa tempat yang sangat menarik bagi pecinta kehidupan dasar laut.

Tempat pertama adalah di dekat dermaga. Lokasinya sangat dekat dengan pantai. Jika berenang agak di tepian anda hanya akan melihat sedikit ikan berlalu lalang. Namun jika terus berenang ke tengah maka terumbu karang, berbagai macam jenis ikan berwarna warni dan keindahan bawah laut semakin terlihat.

Spot kedua lokasinya tidak terlalu jauh dari spot pertama. Hanya saja lokasi snorkeling berada di dekat tebing dan tidak perlu berlabuh di dermaga. Walaupun anda tidak menyelam ke laut, anda tetap dapat melihat keindahan terumbu karang dari atas tebing. Hal ini disebabkan karena di lokasi kedua airnya lebih jernih daripada lokasi pertama.

Bagi anda yang tidak ingin snorkeling tapi ingin melihat keindahan alam bawah laut Pulau Mejangan, anda dapat datang ke lokasi kedua. Terlebih pemandangan terumbu karang yang mendekati perbatasan dengan palung laut ikannya lebih berwarna-warni. Tidak salah orang menyebut Pulau Menjangan sebagai surganya kehidupan bawah laut.

Bagi anda yang suka diving atau snorkeling dan tidak ingin menempuh perjalanan jauh. Aktivitas snorkeling dan diving di Tanjung Benoa dapat menjandi pilihan anda. Hanya perlu waktu 20 menit dari airport Ngurah Rai untuk ke pantai Tanjung Benoa.

Lihat Daftar : 10 Pantai Terindah Di Bali Untuk Dikunjungi

Melihat Keindahan Bawah Laut Tanpa Menyelam
Bagi anda yang ingin mengajak liburan anak-anak anda untuk melihat kehidupan bawah laut, tanpa harus menyelam atau snorkeling, saat ini sudah memungkinkan untuk di lakukan. Anda dapat mengunakan kapal selam Odyssey yang akan membawa anda beriwisata ke dasar laut tanpa harus menyelam.

Pulau Bali tidak hanya menawarkan aktivitas liburan untuk anak hanya di laut atau pantai, pulau Bali juga menyediakan rekreasi air di sungai yaitu Bali rafting.

Related posts