Pantai Tanah Lot

Pantai Tanah Lot

Pantai Tanah Lot – Tempat wisata yang menarik di Bali selain Kuta dan Ubud yang patut dikunjungi adalah, pantai Tanah Lot. Obyek wisata Tanah Lot lokasinya tidak begitu jauh dari kedua obyek wisata Kuta maupun Sanur. Sekitar satu jam perjalanan dari Kuta atau satu setengah jam dari desa wisata Ubud Gianyar. Rute menuju lokasi pantai sangat mudah dilalui dengan bus maupun mobil pribadi. Jika anda bertanya dimanakah pantai terkenal di Bali, sakah satunya adalah pantai ini.

Pantai Tanah Lot Bali – Objek Wisata Favorit
Lokasi pantai Tanah Lot, berada di Desa Braban, Kabupaten Tabanan. Desa ini sebagai pengelola pantai menyediakan lahan parkir yang cukup luas. Dari areal parkir pengunjung harus melalui jalan setapak untuk menuju lokasi pantai. Harga tiket masuk untuk dewasa bagi wisatawan dalam negeri Rp 10.000 per orang, sedangkan anak-anak Rp 7.500.000 per orang. Sama halnya seperti di obyek wisata favorit yang lain, tiket masuk untuk wisatawan luar negeri juga berbeda. Tiket wisatawan asing untuk dewasa Rp 30.000 per orang, dan anak-anak Rp 15.000 per orang. Tiket masuk dibuka mulai pukul 07.00 – 19.00.

Lihat juga : Pantai Pandawa Bali Di Desa Kutuh – Harga Tiket Masuk 2019

Sebuah bangunan pura berdiri megah di atas batu karang pada bibir pantai. Sesuai dengan tempatnya, pura tersebut diberi nama pura Tanah Lot. Tempat suci bagi umat Hindhu di Bali yang sangat dijaga kesakralannya, tidak semua orang yang datang diperbolehkan masuk ke areal pura. Hanya mereka yang punya tujuan untuk sembahyang, diijinkan masuk dan harus menggunakan selendang. Jika air sedang pasang, untuk menuju kawasan pura, harus naik perahu, karena air lautnya melebihi 2 meter dibanding pada saat surut sekitar 0,5 meter.

Keindahan Panorama Sunset
Menjelang sore hari wisatawan mulai berdatangan. Matahari yang beranjak tenggelam memperindah suasana. Anda tidak akan sia-sia meluangkan waktu dari Kuta atau Nusa Dua menuju ke pantai Tanah Lot. Pesona senja begitu mengesankan dengan penampilan tari Kecak meramaikan suasana yang menambah keindahan pantai Tanah Lot. Cukup dengan membayar Rp 50.000 untuk semua umur, anda dapat menyaksikan tarian sekitar pukul 17.30 wita. Penarinya berjumlah lebih dari 20 orang dan sebagian besar laki-laki. Dengan semangat, para penari berteriak cak…cak…cak…memecah kesunyian.

Lihat Daftar : 10 Pantai Terindah Di Bali Untuk Dikunjungi

Sepanjang jalan menuju pantai, tersedia toko yang menjual oleh-oleh khas Bali. Jika anda merasa haus dan lapar anda dapat membeli es kelapa muda, makanan ringan, yang tersedia di warung makan sekitar pantai Tanah Lot. Harganya hampir sama dengan obyek wisata di Bali yang lain. Fasilitas penginapan sudah tersedia mulai dari kelas melati hingga bintang lima. Semakin dekat dengan pantai maka harganya semakin mahal.

Pemerintah Kabupaten Tabanan sangat memperhatikan potensi daerahnya. Terbukti dengan akses jalan sudah diperbaiki, selalu ada himbauan untuk menjaga kebersihan, keamanan serta kenyamanan wisatawan. Jangan lupa mencicipi kuliner asli Tabanan yaitu kue klepon yang terbuat dari beras ketan berisi gula aren, dan kelapa parut didalamnya

Related posts