Pantai Jimbaran Bali – Keindahan Sunset & Seafood Bakar

Pantai Jimbaran Bali – Keindahan Sunset & Seafood Bakar

Pantai Jimbaran Bali – Keindahan Sunset & Seafood Bakar, Sebagian besar wisatawan yang liburan ke pulau Bali, pasti akan mengunjungi tempat wisata pantai. Pulau Bali memiliki banyak tempat wisata pantai, baik pantai pasir putih dan pantai pasir hitam. Lalu dari sekian banyak pantai yang ada di Bali, pantai manakah yang wajib anda kunjungi saat liburan di pulau Bali? Jawabannya adalah pantai Kuta dan pantai Jimbaran Bali.

Ada banyak jenis aktivitas dan tempat wisata yang tersedia di kawasan Jimbaran Bali, namun yang paling terkenal adalah objek wisata pantai Jimbaran. Popularitas pantai Jimbaran mulai mendunia semenjak terjadinya tragedi Bom Bali II pada 1 oktober 2005. Tragedi bom terjadi di salah satu cafe tepi pantai Jimbaran yang menyediakan makanan khas laut. Seafood cafe Jimbaran yang terkena bom adalah cafe Menega dan cafe Nyoman.

Lihat juga : Pantai Dreamland / New Kuta Beach – Daya Tarik, Tiket Masuk

Lokasi Pantai Jimbaran
Tempat wisata Jimbaran Bali adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Kuta selatan. Lokasi desa berada di bagian barat daya pulau Bali, selain itu lokasi desa berada di luas daratan yang sangat sempit, menghubungkan daratan pulau Bali bagian tengah dengan semenanjung bukit yang berada di bagian selatan pulau Bali.

Lokasi desa Jimbaran sangat strategis, karena berdekatan dengan Bandara International Ngurah Rai. Di desa Jimbaran terdapat pantai pasir putih, dengan ombak laut yang sangat tenang, nama pantainya adalah Pantai Muaya. Karena lokasi pantai berada di desa Jimbaran, maka pantai Muaya lebih terkenal dengan nama pantai Jimbaran.

Selain pantai Muaya, kawasan tempat wisata Jimbaran Bali juga memiliki pantai pasir putih yang lokasinya tersembunyi. Nama pantainya bernama pantai Tegal Wangi Jimbaran.

Untuk mencapai lokasi pantai Muaya dari Bandara International Ngurah Rai, anda hanya perlu waktu 15 menit dengan jarak tempuh 7 kilometer. Untuk memudahkan anda menemukan lokasi pantai Muaya, mohon gunakan peta di bawah ini.

Bentangan pesisir pantai Muaya dari selatan sampai ke utara sangat panjang, kurang lebih sejauh 2 kilometer. Karena bentangan pantai yang sangat panjang, maka akses jalan masuk ke pantai ada banyak. Akses jalan masuk menuju pantai seperti:

  • Akses masuk ke pantai yang paling diminati wisatawan adalah melalui Jalan Bukit Permai.
  • Dapat melewati jalan Yoga Perkanthi.
  • Melalui Jalan Pantai Sari.
  • Atau melewati Jalan Batas Kauh.

Berapa harga tiket masuk ke pantai Jimbaran Bali? Untuk memasuki area pantai, anda tidak di kenakan biaya tiket masuk. Anda hanya perlu membayar parkir kendaraan sebesar Rp 5.000 / mobil, sedangkan sepeda motor Rp 2.000 / motor. Lokasi pantai Muaya juga berdekatan dengan salah satu pantai yang tidak kalah terkenal dengan hidangan seafoodnya, yaitu pantai Kedonganan.

Sejarah Singkat
Sebelum perkembangan pariwisata merambah desa Jimbaran, dulunya desa Jimbaran adalah desa nelayan yang sebagian besar penduduknya mencari nafkah dengan mencari ikan di laut. Karena pantainya begitu bersih, dengan pasir putih, serta pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan, maka banyak investor asing atau dalam negeri yang berinvestasi untuk pembangunan hotel, villa ataupun restoran berstandar international di Jimbaran Bali.

Awal perkembangan tempat wisata Jimbaran di mulai pada tahun 1988. Kemudian pada tahun 1992 berdiri salah satu hotel bintang lima yang terkenal di seluruh dunia yaitu Four Seasons Jimbaran. Hotel sekelas Four Seasons, hanya akan mengelola hotel atau villa yang memiliki lokasi terbaik, dan pantai Jimbaran memiliki kriteria tersebut. Dengan berkembangnya hotel-hotel di kawasan wisata Jimbaran Bali, merubah mata pencaharian masyarakat lokal Jimbaran, dari nelayan menjadi pekerja yang bergerak di bidang pariwisata.

Daya Tarik & Aktivitas Pantai Jimbaran
Pantai Jimbaran Bali, salah satu pantai pasir putih dengan pemandangan sunset yang begitu indah. Saking indahnya pantai ini, setiap sore pantai Jimbaran ramai dikunjungi wisatawan. Sebagian besar wisatawan yang belibur ke pantai Jimbaran, selain menikmati indahnya suasana pantai, wisatawan juga akan menikmati makan malam di tepi pantai dengan hidangan ikan laut bakar.

Di sepanjang bibir pantai, anda akan menemukan beranekaragam jenis cafe yang menjual menu ikan bakar ataupun olahan laut lainnya. Seperti udang, kepiting, kerang atapun cumi-cumi. Semua hidangan yang terdapat di seafood cafe Jimbaran di olah dengan cara di bakar. Tentunya dengan di bakar akan membuat rasa makanan jauh lebih nikmat.

Untuk harga dari menu seafood Jimbaran sangat bervariasi, karena ditentukan dari berat per gram/ons ikan atau jenis seafood lain yang anda pilih. Tentunya dengan cara ini, anda akan mendapatkan jumlah makanan sebanding dengan harga. Menikmati hidangan masakan khas seafood Jimbaran sambil menikmati suasana indahnya sunset, akan menjadikan liburan anda di Bali sangat terkesan.

Pantai Jimbaran Bali lebih cocok dikunjungi pada saat sore hari. Karena daya tarik utama terletak pada pemandangan sunset dan aktivitas menikmati hidangan seafood bakar di tepi pantai yang hanya tersedia di sore hari.

Lihat Daftar : 10 Pantai Terindah Di Bali Untuk Dikunjungi

Lalu bagaimana jika anda ingin mengunjungi pantai di Bali saat pagi hari, pantai mana yang bagus di kunjungi? Jika anda ingin liburan ke pantai saat pagi hari, maka pantai Tanjung Benoa yang wajib anda kunjungi. Karena pada pagi hari, di pantai Tanjung Benoa tersedia aktivitas wisata bahari yang lebih terkenal dengan sebutan Tanjung Benoa water sports.

Pulau Bali memiliki banyak pilihan pantai yang menarik untuk di kunjungi. Jika ingin melihat daftar pantai di pulau Bali untuk refrensi liburan, mohon klik link di bawah ini!

Related posts